Resep Pais Pisang

Cara membuat Pais Pisang


Resep Pais Pisang
Pais Pisang

Bagi anda yang pencita kuliner, pasti tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Di daerah jawa kue ini biasanya dikenal dengan kue nagasari. Sedangkan berdasarkan pengalaman saya, di Kalimantan kue ini disebut dengan pais pisang. 

Mungkin anda akan berpikir bahwa ini tidak ada bedanya dan hanya masalah penyebutan saja, tapi ada perbedaan mendasar tentang dua jenis kue ini. Kue pais pisang biasanya dibuat dengan tepung yang mentah atau belum dimasak seperti kue nagasari yang dibuat dengan tepung yang dimasak terlebih dahulu. 

Sehingga dari sei tekstur dan kelembutan, kue nagasari jauh lebih unggul dari kue pais pisang, namun dalam banyak hal menurut beberapa penjaja kuliner, kue pais pisang dapat mengenyangkan perut lebih cepat dari kue nagasari.

umunya kue ini, dimasak dan disajikan dengan bungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus atau dibakar di atas api, setiap daerah cenderung punya cita rasa dan teknik tersendiri sehingga dibeberapa daerah nama pais pisang ini berubah menjadi nama lain. Dan dibeberapa daerah juga mengganti bahannya dengan buah yang lain juga seperti nangka.

Keunggulan kue ini, rasanya yang manis, tekstur lembut dan legit sehingga akan memanjakan lidah anda, dengan aroma pisang yang menambah selera. 

berikut adalah uraian resep untuk membuat pais pisang : 

Bahan

  1. 6 buah pisang matang, 1 pisang di potong 4
  2. Daun pisang
  3. 2 gelas tepung beras
  4. 100 gr gula pasir
  5. 1 sendok teh garam
  6. 3 gelas santan yang sedang kentalnya

Cara membuat

  1. Tepung beras, gula, garam, dilarutkan dengan 3 gelas santan, aduk sampai rata
  2. Adonan ini dibungkus dengan daun pisang, taruh satu iris pisang talas, tutup bungkusnya
  3. Kukus kira-kira 1/2 jam sampai matang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Sup Hisit Kepiting

Resep Ayam Rebus ala Chinese